Warga Kecewa Sikap RW.17 Kelurahan Sialang Munggu Pekanbaru

0Shares

HALAMANINDONESIA.COM PEKANBARU – Hujan deras kembali mengakibatkan banjir dilingkungan Perumahan Pinaringan Jalan Datuk Tunggul RT. 03 dan Perumahan Panam Permata Blok Lili dan Tulip dan sekitarnya di RT. 04 di RW. 17 Kelurahan Sialang Munggu Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, Selasa (25/11/2020) pukul 03:00 Wib.

Banjir sepertinya sudah merupakan bencana yang rutin hadir setiap tahunnya di kota Pekanbaru.

Bahkan salah satu daerah yang sering terkena banjir adalah Perumahan Pinaringan RT. 03. Jalan Datuk Tunggul dan Perumahan Panam Permata Blok Lili dan Tulip dan sekitarnya di RT. 04 RW.17 yang menjadi penyebabnya adalah dengan banyaknya sampah di dalam aliran parit dan bisa menutupi gorong-gorong yang lubangnya terlalu kecil dan debit air hujan yang sangat banyak yang menyebabkan tidak lancarnya air mengalir.

Lanjut salah satu tokoh masyarakat setempat menghimbau kepada perangkat RW.17 Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan untuk segera mencari solusi berupa bantuan sembako untuk warga yang terdampak banjir, ini warga kita sangat membutuhkan bantuan sembako, kekecewaan ini sangat sekali ditampakkan, karena ketua RW.17 Bp. Sucipto sekaligus sebagai Ketua Forum RT/RW di Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan dimana beliau selalu melaksanakan kegiatan forum RT / RW Jum’at barokah yang berada dilingkungan Kel. Sialang Munggu, yang mana di lingkungan sendiri RW.17 belum pernah dapat bantuan kegiatan jum’at Barokah yang diadakan oleh forum RT / RW. Yang mana sekarang warga dia sendiri sangat membutuhkan sembako. Ucapnya.

 

 

Salah seorang warga Uswatun, banjir mulai pada tengah malam pukul 2:00 wib sudah mulai dari depan rumah air masuk ke dalam rumah setinggi diatas mata kaki, ujarnya.

Lanjut Uswatun, saya kecewa sekali sikap seorang RW. 17 Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan di perumahan Panam Permata ini, cuek saja melihat keadaan kondisi kami terdampak banjir, dengan banjir ini terdampak juga dari segi ekonomi apalagi saat masih pandemi covid-19 dimana bantuan sembako saja sampai saat ini tidak ada diberikan. Katanya RW. 17 Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan itu perpanjangan tangan pemerintah dalam mengayomi, melayani dengan santun serta membantu, dan menyatukan seluruh masyarakat di wilayahnya, tapi kelihatannya warga terpecah belah antara warga RT 03 RW. 17 dengan warga RT 04 RW. 17 Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan kalau seperti ini sikap cuek saja RW.17 Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan mana bisa warga menyatu, ucapnya. Oleh sebab itu, kepada pak Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST, MT untuk bisa menegur RW.17 beserta lurah kel. Siangalng Munggu Kec. Tampan ini karena tak bisa mencari solusi tentang banjir dan penumpukan sampah di aliran parit ini, karena Jembatan di persimpangan pintu masuk Perumahan Pinaringan yang menyebabkan terjadinya banjir setiap tahun ini, ujar Uswatun.

Begitu juga salah seorang warga Erwin, merasa kecewa juga sama pak RW.17 Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan tidak bisa menyelesaikan permasalahan banjir ini, hanya disampaikan kita tunggu saja pelaksanaan dari dinas PUPR Kota Pekanbaru untuk menyelesaikan persoalan parit atau jembatan yang menjadi penyebab terjadinya banjir dan ditambah lagi ditutupnya tembok sekolah oleh salah seorang warga yang disebut namanya Wajar dengan menggunakan karung goni berisi pasir.

 

Dari pantauan awak media Halamanindonesia.com, Wajar membenarkan bahwa dia sendiri yang telah menutup tembok sekolah Al-Barokah yang dibongkar oleh warga sebelah tanpa sepengetahuan atau bermusyawarah terlebih dahulu. Kalau tidak saya tutup tembok ini, maka air dalam pekarangan sekolah tersebut akan merembes dan mengalir ke arah rumah saya dan hasilnya jalan pinggiran setapak depan rumah menjadi longsor. Tutur Wajar.

Ketua RW 17 Kelurahan Sialang Munggu Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

 

Diwaktu yang sama melalui Telepon seluler awak media Halamanindonesia.com kepada Ketua RW.17 Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan Bp. Sucipto bahwa penutupan tembok sekolah yang ditutup oleh warga itu saya tidak mengetahuinya dan begitu juga dengan pembuatan jembatan itu sudah kesepakatan atau hasil musyawarah warga setempat.

Jadi saya sudah koordinasikan masalah jembatan itu dengan pihak pemerintah Pekanbaru melalui Dinas PUPR Kota Pekanbaru, hasilnya dalam pertengahan bulan Desember tahun ini akan secepatnya direalisasikan pengerjaannya. Ujar Bp. Sucipto sekaligus Ketua Forum RT/RW Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan

Lanjut Bp. Sucipto, kepada warga RW.17 khususnya di lingkungan warga RT. 03/ RT.04 di RW 17 Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan supaya bersabar dan selalu berdo’a supaya air cepat surut dan tidak lagi terjadinya banjir, dan apa yang diminta oleh warga yang terdampak banjir berupa sembako kami selaku perangkat memang tidak bisa kami berikan, tutur Bp. Sucipto ketua RW. 17 Kel. Sialang Munggu Kec. Tampan.

0Shares
__Posted on
November 26, 2020
__Categories
News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *