PP Iptek Punya Dua Wahana Baru untuk Belajar Sains

HALAMAN JAKARTA – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meresmikan wahana baru di PP Iptek yakni Self Balancing Wheel dan Stereo Visual serta membuka Indonesia Science Day (ISD) 2018 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat, (20/4/2018).

“Dengan adanya wahana di PP-IPTEK, harapan saya adalah bisa untuk tempat pembelajaran anak-anak Indonesia tentang ilmu pengetahuan, khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek),”  kata Nasir usai meresmikan dua wahana baru PP-IPTEK tersebut.

Penambahan dua wahana baru, maka koleksi peraga di PP Iptek sudah lebih dari 400 peraga.

Ia berharap wahana yang ada di PP-IPTEK tidak hanya di Jakarta, tapi juga dikembangkan di daerah lain agr anak-anak Indonesia memahami ilmu pengetahuan tentang sains lebih mudah. Tanpa bantuan alat peraga iptek, biasanya agak sulit.

“Apa yang di dalamnya itu, kadang-kadang kita hanya membaca, sedangkan kemampuan kita membaca masih rendah, jika dibandingkan dengan apa yang ada di alat peraga, karena alat peraga akan mempercepat kemampuan terhadap ilmu pengetahuan,” terangnya.   

Nasir menambahkan, jika pusat sains terus didukung, maka dalam 5 hingga10 tahun ke depan anak-anak Indonesia mengagumi iptek. PP Iptek juga harus ada revitalisasi sehingga pengunjung juga antusias berkunjung.

“Negara yang besar bukan negara dengan jumlah penduduk yang banyak, tetapi negara yang berinovasi. Apalagi saat ini sudah masuk revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Dalam acara ini, PP Iptek juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bidang fokus pertahanan dan kesehatan.

Sementara itu, ISD 2018 menampilkan beragam inovasi yang diikuti 41 lembaga, di antaranya dari perguruan tinggi dan pelaku industri.

Dalam acara ini, PP Iptek juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan kesehatan.(YN)

loading...
Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *