Pantai Mandala Ria Bulukumba dan Pembebasan Irian Barat

BULUKUMBA, HALAMANSULSEL.COM – Pembebasan Irian Barat melalui operasi Mandala Jaya pembebasan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda sangat erat kaitannya dengan Sulawesi Selatan sebagai gerbang utama Indonesia Timur.

Hal ini bisa dilihat berdirinya monumen Mandala di Jalan Raya Jenderal Sudirman, Kota Makassar yang dibangun pada tahun 1994 sebagai tugu peringatan operasi Mandala. Selain itu, Kota Daeng dijadikan sebagai markas utama pasukan sebelum diberangkatkan ke Papua.

Bukan hanya Kota Makassar, Kabupaten Bulukumba juga erat kaitannya dengan Pembebasan Irian Barat yang merupakan perintah dari Presiden Soekarno yang mengeluarkan Tri Komando Rakyat (Trikora)  tanggal 19 Desember 1961, di alun-alun Utara Yogyakarta.

Hal ini bisa dilihat dari penamaan pantai Mandala Ria yang terlatak  di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.

Sebelum berubah menjadi Pantai Mandala Ria, pantai berpasir putih ini dikenal dengan nama Pantai Ara, yang merupakan salah satu lokasi sentra pembuatan perahu kayu tradisional.

Nama ini berubah setelah, Pada tahun 1961, Panglima Mandala Mayjen Soeharto melalui seorang perwira penghubung memesan 20 buah perahu kecil (sejenis sekoci) dengan ukuran 9x2x0.90 m.

Perahu tersebut dikerjakan di Pantai Ara (Pantai Mandala Ria) oleh 20 kelompok tukang yang dikoordinir langsung oleh tukang A.Padulungi (Kepala Distrik/Karaeng Ara) dan selesai dalam tempo 19 hari.

Setelah selesai, perahu tersebut diangkut dengan KRI Rajawali ke Irian barat yang akan dijadikan sebagai perahu pendarat untuk operasi pembebasan Irian barat dari kolonial Belanda.

Alasan penggunaan perahu dari desa Ara ini dikarenakan Bulukumba kala itu dikenal dengan sentra pembuatan perahu yang memiliki tukang yang handal dan mahir dibidangnya.

Selain itu penggunaan perahu dari kayu meminimalisir perahu yang ditumpangi Pasukan pembebasan dari pantauan radar musuh karena minim dari unsur besi.

loading...

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *