Lawan Barito Putera, PSM Makassar Kehilangan Delapan Pemain

MAKASSAR, HALAMANINDONESIA.com – Menghadapi pekan ke-15 Liga 1 Indonesia, PSM Makassar menghadapi masalah besar. Bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Barito Putera, tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ini kehilangan delapan pemainnya saat laga di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Selasa (18/7/2017).

Delapan pemain Juku Eja hampir dipastikan akan absen dalam pertandingan demi mempertahankan posisi puncak. Mereka adalah Rizky Pellu, Willem Jun Pluim, Reva Adi Utama, Steven Paulle, Hamka Hamzah, Ridwan Tawainella, Asnawi Mangkualam dan Rasyid Bakrie.

Willem Jun Pluim yang tak tergantikan selama 14 pekan Liga 1 bergulir harus absen lantaran terkena akumulasi tiga kartu kuning. Absennya pemain asal belanda ini yang berstatus marquee player di Liga 1 membuat tim kepelatihan PSM Makassar harus memutar otak. Pasalnya, kehadirannya dalam tim merupakan sosok kunci permainan tim Juku Eja hingga menjadi pemuncak klasemen sementara.

Rizky Pellu mengalami masalah yang sama dengan Wiljam Pluim yakni akumulasi kartu kuning. Reva sendiri harus absen selama dua laga karena mendapatkan kartu merah saat melawan Persiba Balikpapan.

Sementara Steven Paulle yang merupakan jangkar pertahan PSM Makassar absen karena mengalami cedera. Hal yang sama terjadi pada Ridwan Tawainella dan Rasyid Bakrie yang belum pernah mencicipi panasnya Liga 1.

Hamka Hamsah sendiri terancam tak bisa bermain karena adanya sanksi dari operator Liga 1. Kapten PSM Makassar ini dianggap melakukan provokasi kepada suporter Persib Bandung pada pekan ke-12. Terakhir, Asnawi absen karena saat ini melakukan persiapan dengan Timnas Indonesia.

Absennya beberapa pemain pilar PSM Makassar membuat Pelatih Robert Rene Alberts harus memutar otak. Ia mengaku kehilangan beberapa punggawa yang menjadi andalah sejak pekan ke-1.

“Ini tentu akan menyulitkan bagi kami, pemain inti beberapa harus absen. Madura United saja tentu akan kesulitan jika mengalami hal seperti ini,” ujar Rene.

Wiljam Pluim saat pentandingan PSM Makassar VS Persib Bandung

Namun, hal ini tidak membuat Rene patah arang. Pelatih berkebangsaan Belanda ini mengaku mengaku akan menyiapkan amunisi terbaiknya saat meladeni Barito Putera. Walaupun komposisinya tidak akan sama dibanding pertandingan sebelumnya.

Tiga poin di markas sendiri, kata Rene menjadi harga mati agar tetap mengamankan puncak klasemen sementara Liga 1 yang saat ini diintip oleh Madura United, Persipura dan Bhayangkara FC.

“Saya akan susun line-up baru. Termasuk ada beberapa yang harus dibenahi. Kami harus meningkatkan beberapa hal agar bisa meraih hasil maksimal. Saya selalu optimis bisa memenangkan pertandingan,” tegas Rene.

Diprediksi, posisi Pluim sebagai gelandang serang besar kemungkuinan akan diganti oleh rekan senegaranya Marc Anthony Klok atau pun Syamsul Chaeruddin. Posisi Rizky Pellu kemungkinan akan kembali memainkan Muhammad Arfan, Reva akan digantikan oleh seniornya Fathul Rahman.

Namun kartu merah yang didapat dipertandingan terakhir melawan Persiba Balikpapan memaksanya harus absen kontra Barito Putera. Posisinya di bek kiri kemungkinan kembali akan ditempati oleh Fathul Rahman dan Steven paulle serta Hamka Hamzah diprediksi akan digantikan oleh Ardan Aras dan Hendra Wijaya.

loading...

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *