Kembangkan Skill, Mahasiswa Kelautan ULM Magang di Tiga Lembaga Nasional

BANJARBARU, HALAMANINDONESIA.com – Demi mengembangkan skill mahasiswa, jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat terus mendorong anak didiknya untuk dapat belajar langsung di instansi nasional.

Tahun ini, sebanyak 4 empat mahasiswa Ilmu Kelautan melakukan magang atau praktek kerja lapangan di tiga instansi nasional yakni Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 1 orang, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) 1 orang dan Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) 2 orang.

“Alhamdullilah, empat mahasiswa kami sementara melakukan magang di instansi nasional. Masing-masing di LIPI atas nama Hildiyatun, BPPT atas nama Desy Adriani Safitri dan PGSP atas nama Gusti Nadia serta Sera Simanjuntak,” ujar Ketua Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat, Dr. Muhammad Syahdan di Banjarbaru, Rabu (19/7/2017).

Muhammad Syahdan menyampaikan, selain sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana kelautan, magang ini diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan soft skill-nya

“Hard skill yang didapatkan mahasiswa dalam proses kegiatan belajar mengajar, diinternal kampus yang mencakup teori maupun praktek dari mata kuliah belum tentu cukup. Perlu mahasiswa terjun langsung ke lembaga ataupun instansi untuk menerapkan pengetahuan yang didapatkan di kampus,” jelas Muhammad Syahdan.

“Pembelajaran lapangan ini, difokuskan pada pematangan implementasi konsep soft skill-nya. Seperti kedisplinan, kejujuran, kerja keras, kedewasaan sikap, keterbukaan, kematangan mental, maupun berbagai hal teknis-non teknis lain, yang tidak didapatkan di kelas,” sambung Muhammad Syahdan.

Apalagi, kata Muhammad Syahdan tempat magang empat mahasiswa ini adalah instansi nasional. Sehingga diharapkan dapat lebih banyak menyerap pengetahuan dan pengalaman yang akan menjadi modal besar sebelum meraih gelar sarjana.

Kedepannya, Muhammad Syahdan berharap mahasiswa Ilmu Kelautan lebih banyak lagi yang melaksanakan magang di lembaga penelitian ataupun instansi nasional.

loading...

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *