KAHMI Bidang Kelautan dan Perikanan Rekomendasikan Empat Program

JAKARTA, HALAMANINDONESIA.COM – Bidang Kelautan dan Perikanan Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) merekomendasikan 4 program kerja strategis dalam Rapat Kerja Majelis Nasional KAHMI periode 2017-2022, di Jakarta, Sabtu, 7 April 2018 lalu.

Empat program kerja strategis ini adalah, KAHMI KP- ON-STAGE, KAHMI KP- ACTION, KP- PUBLIS dan KAHMI KP-NETWORK. Keempat program itu dipaparkan Viva Yoga Mauladi, anggota KP MN KAHMI.

“Yang pertama, KAHMI KP- On Stage, yaitu program yang akan merespon soal atau permasalahan sektor kelautan dan perikanan berikut solusinya,” kata Viva yang juga wakil ketua DPR-RI di Komisi IV ini.

Yoga mengatakan, on stage ini sifatnya adalah bagaimana mengeksplorasi pemikiran dan kepakaran berbagai anggota KAHMI untuk ikut memberi corak bagi pembangunan nasional.

“Yaitu mereka yang memiliki kapasitas akademik, kaum intelektual dalam bidang Kelautan dan perikanan serta mau terlibat di dalamnya,” kata politisi PAN dari wilayah Jawa Timur ini.

Dia menambahkan bahwa salah satu program On Stage yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana melakukan ‘legislative review’ dengan harapan dapat memperoleh masukan strategis, koreksi, dan solusi terkait kebijakan kelautan dan perikanan nasional.

“Penekanannya pada penguatan kedaulatan nelayan dan warga pesisir agar dapat merasakan kebijakan yang berkeadilan serta mendatangkan kesejateraan,” tambahnya.

Selanjutnya, program “Kahmi KP Action” yang mengandalkan kegiatan yang sifatnya aksi peduli ke masyarakat nelayan dan warga pesisir baik sifatnya ekonomi maupun penguatan kapasitas dan menumbuhkan karakter masyarakat untuk peduli dan respon terkait soal-soal kelautan dan perikanan kini, esok, dan tantanganya ke depan. Yang ketiga,

“Kahmi KP Publish” yang mendorong upaya penyadaran bagi seluruh pihak untuk lebih memahami pentingnya soal-soal kelautan dan perikanan. Bentuk pencerahan dapat dengan menerbitkan suatu buku pikiran dan gagasan KAHMI terkait pembangunan Kelautan dan Perikanan.

Kemudian rekomendasi yang keempat, “Kahmi KP Network” yang merupakan kegiatan yang memperkuat basis jaringan alumni khususnya alumni yang memiliki kapasitas, keahlian dan keilmuan dibidang kelautan dan perikanan.

Sementara, Awaluddin, Wakil Sekjen KP MN-KAHMI mengatakan, rekomendasi tersebut untuk mewadahi berbargai insan akademis disektor kelautan dan perikanan, dan mendorong untuk melakukan upaya-paya penciptaan ide dan gagasan, serta mengabdikan dirinya yang senantiasa dilandasi nafas islam dalam mencapai tujuan program tersebut.

“Kegiatan ini akan diperkuat dengan melakukan road show ke berbagai perguruan tinggi berbasis kelautan dan perikanan dengan melibatkan Kahmi wilayah, dan komunitas nelayan sebagai kegiatan menjaring aspirasi disektor Kelautan dan Perikanan,” ujar mantan Ketua HMI Komisariat Ilmu dan Teknologi Kelautan Universitas Hasanuddin ini.

Dengan program kerja itu, lanjut Awaluddin, menjadi modal dasar jaringan penguatan data base khususnya bagi alumni yang bergelut soal kelautan dan perikanan menjadi hal yang penting dan strategis.

“Selain itu juga mendorong kegiatan literasi kalangan masyarakat kelautan dan perikanan,” tutup mantan Ketua Senat Mahasiswa Kelautan Universitas Hasanuddin ini.

loading...

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *