Flu, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

HALAMANINDONESIA.COM – Flu merupakan peradangan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Flu biasanya memiliki gejala seperti pilek atau hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, dan demam.

Untuk mempercepat proses penyembuhan flu, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan di bawah ini.

Makanan yang mengandung banyak gula

Menurut seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, minuman dan makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari selama flu.Sebab, mengonsumsi gula dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Hal tersebut juga berlaku pada kue kering, permen, ice cream, dan makanan manis lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur. Pilih juga camilan yang rendah gula.

Susu

Agar gejala flu tidak semakin parah, hindari mengonsumsi susu. Menurut ahli, susu dapat menyebabkan lendir atau ingus bertahan lebih lama di paru-paru dan saluran pernapasan Anda. Hasilnya, butuh waktu lama untuk menyembuhkan flu.

Lebih jauh dari itu, lendir yang dibiarkan mengendap terlalu lama di dalam tubuh berpotensi memicu gejala yang lebih parah. Saat sakit, Anda sebaiknya lebih banyak mengonsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh.

Makanan pedas

Mengutip dari situs Men’s Health, jenis makanan yang satu ini juga harus dihindari saat flu. Capsaicin yang terkandung di dalam cabai disebut dapat memperparah flu. Capsaicin dikenal ampuh mengiritasi hidung dan menyebabkan pilek semakin menjadi-jadi.

Daging

Selama flu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang membutuhkan energi lebih untuk diserap tubuh. Anda bisa mengganti konsumsi daging dengan buah dan sayur-sayuran. Seorang ahli bahkan menganjurkan untuk menjalani pola makan selayaknya seorang vegetarian selama flu hingga beberapa saat setelah sembuh.

Alkohol

Sama seperti gula, minuman dan makanan yang mengandung alkohol dapat mengganggu pertahanan tubuh dari virus. Hal ini malah dapat membuat tubuh lebih sakit dari sebelumnya. Mengonsumsi alkohol juga dapat membuat Anda dehidrasi. Selama kondisi tubuh belum stabil, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol apalagi dalam jumlah banyak.

Sebagai informasi, penanganan pada penyakit flu bersifat simptomatik. Artinya untuk menyembuhkan flu, yang perlu dilakukan adalah mengobati gejala yang ada. Agar proses penyembuhan gejala flu berlangsung cepat, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan di atas.

loading...

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *